Demo Blog

by DMSBzr on Nov.22, 2009, under

Analisis Lima Persaingan Menurut M Porter pada Perusahaan Erlangga

Analisis Lima Kekuatan Porter adalah Suatu kerangka kerja untuk analisis industri dan pengembangan strategi bisnis yang dikembangkan. ada lima kekuatan yang menentukan intensitas persaingan dalam suatu industri, yaitu

1. Ancaman Produk Pengganti.

Keberadaan produk diluar bidang batas produk umum meningkatkan kecenderungan pelanggan untuk beralih ke alternatif.

2. Ancaman Pesaing.

Menguntungkan pasar mengakibatkan banyak pendatang baru yang pada kahirnya akan mengurangi profitabilitas.

3. Ancaman Pendatang Baru

Bagi kebanyakan industri, intesitas persaingan kompetitif adalah penentu utama daya saing industri.

4. Daya Tawar Pemasok.

Digambarkan sebagai pasar input. pemasok bahan baku, komponen, tenaga kerja dan jasa kepada perusahaan dapat menjadi sumber kekuatan, ketika ada beberapa pengganti.

5. Daya Tawar Konsumen

Daya tawar konsumen juga digambarkan sebagai pasar output. kemampuan pelanggan untuk menenmpatkan perusahaan dibawah tekanan, juga akan mempengaruhi pelanggan kepekaan terhadap perubahan harga.

Analisis ini biasanya dilakukan dengan kombinasi dengan analisis Swot.

Berikut adalah Analisis M Porter pada Perusahaan Penerbit Erlangga

1. Ancaman Produk Pengganti.

Konsumen cenderung mengganti produknya karena kualitasnya lebih baik dan mudah dimengerti dipasaran. walaupun erlangga termasuk penerbit buku yg sudah dikenal tapi saat ini pemasarannya tidak hanya sebatas di toko buku saja melainkan dapat dijumpai di kios-kios terdekat.

2. Ancaman Pesaing.

Untuk menghindari ancaman dari pesaing erlangga terus melakukan inovasi terbaru dari produknya untuk menhindari kejenuhan, meningkatkan kualitas dan tetap menekankan harga pasar yang dapat dijangkau konsumennya.

3. Ancaman Pendatang Baru.

Produk erlangga sudah dikenal masyarakat sebagai produk yang berkualitas baik jadi terjamin kualitasnya dan bisa bersaing dengan produk lainnya baik dari domestik maupun dari luar.

4. Daya Tawar Pemasok.

Pemasok bahan baku, komponen, tenaga kerja dan jasa kepada perusahaan dapat menjadi sumber kekuatan, karena erlangga merupakan produk berkualitas jadi jelas secara keseluruhan berkualitas tinggi untuk memanjakan konsumennya.

5. Daya Tawar Konsumen.

Daya tawar konsumen agak tinggi diakibatkan harga yang ditawarkan sedikit agak tinggi dibandingkan produk-produk lainnya tetapi tetap bisa dijangkau dan sesuai dengan kualitasnya
0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Links